Monday, April 30, 2012

Meraih Hidup Sukses dan Bahagia

Satu kata yang disepakati oleh seluruh umat Manusia, tanpa melihat latar belakang pendidikan, agama, ras, bangsa, strata ekonomi, umur, dan jenis kelamin. Semua menyepakati betapa pentingnya kata ini dalam kehidupan. Kata tersebut adalah BAHAGIA.

Siapapun orangnya pasti mendambakan hidup bahagia, meskipun dengan konsep yang berbeda-beda, namun substansinya adalah sama, yakni Bahagia. Tak seorangpun manusia di dunia ini yang tidak menghendaki hidup bahagia. Segala aktivitas yang dilakukan, mulai aktivitas rutin hingga bekerja keras semuanya dalam rangka mengejar kebahagiaan.

Dalam tataran tertentu, kebahagiaan seringkali dikaitkan dengan kesuksesan. Bagi seorang pelajar, dia akan sangat bahagia apabila sukses menempuh Ujian dengan hasil memuaskan. Seorang Karyawan akan merasa bahagia jika mendapatkan promosi naik jabatan denga gaji yang lebih tinggi. Orang tua akan bahagia jika sukses mnghantarkan anak-anaknya menjadi anak yang solih dan solihah dengan segala keberhasilannya dalam karier mereka. Seorang laki-laki begitu bahagia karena sukses mendapatkan cinta seorang gadis yang diimpikannya. Begitulah kebagagian berkorelasi dengan kesuksesan.

Namun dalam tataran yang lebih tinggi, kebagagiaan seseorang tidak diukur dari kesuksesan lahiriah, karena kebahagiaan itu terletak di dalam hati. Olehkarena itu kebahagiaan bisa dirasakan oleh siapapun jika ia mampu mengkondisikan hatinya agar senantiasa bahagia. Hal ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan spiritual seseorang. Sikap-sikap batin yang senantiasa dihidupkan dalam hati seperti syukur, sabar, tawakal, qonaah, zuhud, ikhlas akan membawa seseorang pada tingkat kebahagiaan yang hakiki (baca: tidak terpngaruh kondisi lahiriah).

No comments:

Post a Comment